Gratis Newsletter Kami  
PermataBank.NET Review
 
Properti di Pontianak

Tips Menjaga Stabilitas Keuangan

Menjaga Stabilitas KeuanganKondisi keuangan tergantung terhadap pola atau gaya hidup yang seseorang jalani. Keseimbangan antara penghasilan dan pengeluaran memerlukan suatu rencana dan tanggungjawab dalam prakteknya. Dalam kondisi tertentu memang keuangan bisa terjadi perubahan namun jika stabilitasnya tinggi akan membantu kehidupan anda untuk saat ini dan waktu mendatang.

Kontrol Terhadap Keuangan
Pengawasan secara terus menerus terhadap simpanan uang yang ada di rekening tabungan terhadap peningkatan maupun pengurangan saldo. Hal tersebut perlu dilakukan guna menjaga atau kontrol terhadap uang simpanan di rekening sebagai pertimbangan terhadap segala keputusan menyangkut keuangan. Dalam sebuah keluarga kontrol terhadap stabilitas keuangan juga sangat diperlukan selain untuk diri sendiri. Kebutuhan keluarga sifatnya sangat kompleks dan tidak terduga sehingga membutuhkan kiat-kiat khusus guna mengantisipasi berbagai hal yang bisa mengancam stabilitas keuangan keluarga. Rumah, pendidikan, kesehatan, dan lainnya merupakan salah satu yang perlu dijadikan fokus dalam mengelola keuangan.

Keputusan Cerdas dan Tanggung Jawab Terhadap Hutang
Keputusan dalam pemenuhan keuangan dari sumber lain yaitu hutang juga harus disesuaikan dengan kemampuan finansial berdasarkan nilai penghasilan yang dimilikinya dalam setiap kurun waktu tertentu misalnya mingguan atau bulanan. Nilai cicilan hutang yang melebihi penghasilan akan membuat kondisi keuangan tidak sehat walaupun pada awal keputusan saat berhutang mempunyai perkiraan-perkiraan sumber penghasilan lain yang bisa digunakan untuk membayar segala hutang yang harus dibayarkan.

Masalah pembayaran hutang-pun juga harus punya komitmen dan tanggung jawab tinggi khususnya soal waktu. Anggaran yang memang sudah dialokasikan untuk membayar cicilan hutang harusnya dibayarkan sebelum jatuh tempo. Biasanya orang akan membuat suatu keputusan tidak sehat dengan menggunakan uang untuk membayar hutang untuk keperluan lain, ini adalah bentuk perilaku tidak sehat yang membuat kondisi keuangan tidak stabil.

Mendapatkan Potensi Penghasilan Alternatif
Tingkat kebutuhan hidup orang biasanya dari waktu ke waktu akan semakin meningkat oleh karena itu guna menjaga stabilitas keuangan sebaiknya punya komitmen untuk meningkatkan penghasilan dari berbagai sumber. Dukungan sumber-sumber tambahan untuk menambah penghasilan bisa menjadi langkah preventif untuk mengatasi persoalan keuangan yang tidak terduga di masa mendatang.

Bijaksana Menggunakan Kartu Kredit
Pastikan perilaku anda tidak diluar kendali ketika memiliki kartu kredit, seperti menjadi semakin konsumtif. Perilaku tersebut akan membuat kondisi keuangan akan menjadi berantakan dan tidak bisa mengontrol terhadap fluktuasi pengeluaran akibat penggunaan kartu kredit yang tidak cerdas dan bijaksana. Oleh karena itu jika memang anda benar-benar belum membutuhkan kartu kredit sebaiknya tidak usah memaksakan untuk memilikinya.

Simpanan dan Investasi
Seperti halnya pada bisnis, keuangan pribadi maupun keluarga tidak seharusnya menempatkan simpanan dalam satu tempat. tetapi perlu pandangan-pandangan lain yang sekiranya aman agar simpanan juga bisa dijadikan investasi guna menunjang kehidupan untuk waktu mendatang. Yakinkan pada diri sendiri bahwa tidak ada tempat yang 100% aman untuk menyimpan uang yang anda miliki, oleh karena itu perbanyak simpanan pundi-pundi kekayaan anda di berbagai tempat dan sekaligus punya nilai keuntungan lebih.

Apakah anda harus belajar tentang keuangan secara mendalam? Jawabannya tidak, karena mengelola keuangan guna mendapatkan stabilitas yang terbaik ada pada diri masing-masing. Tanggungjawab dalam menjalankan komitmen yang telah dibuat serta cerdas memanfaatkan segala aset uang maupun fisik guna menambah simpanan uang sudah cukup untuk membuat kehidupan seseorang menjadi “sehat” untuk saat ini dan masa depan.

Kesimpulan akhir topik kali ini adalah kunci sukses dalam menjaga stabilitas keuangan dipengaruhi dari mengelola simpanan dalam rekening tabungan, pemasukan dan pengeluaran, mengurangi hutang, serta investasikan penghasilan yang didapat untuk beberapa aset yang menguntungkan guna kepentingan masa depan.

Comments are closed.