Gratis Newsletter Kami  
PermataBank.NET Review
 

Target Pasar

Sebuah target pasar didefinisikan sebagai suatu kelompok tertentu dari pembeli potensial untuk sebuah bisnis yang memposisikan produk dan jasa.

Ketiga jenis segmentasi yang paling umum adalah:

  • Segmentasi Geografis – berdasarkan lokasi seperti negara, kota atau jalan.
  • Segmentasi Demografi – berdasarkan statistik terukur seperti jenis kelamin, ras dan usia.
  • Segmentasi Psikografis – berdasarkan atribut yang berkaitan dengan kepribadian, nilai, sikap, minat atau gaya hidup, seperti menjadi seorang pelari aktif, orang asia, dill.

Bagaimana Membagi Segmentasi Pasar?

Dalam rangka untuk mencari segmen pelanggan potensial anda kedalam target pasar, penting untuk mulai mengajukan pertanyaan seperti ini :

  • Berapa umur pelanggan ideal anda?
  • Jenis pendapatan yang mereka hasilkan?
  • Apakah produk anda yang paling cocok untuk pria, wanita atau anak-anak?
  • Apakah mereka memiliki rumah sendiri?
  • Dimana sasaran pasar anda membeli produk?
  • Dimana mereka tinggal?
  • Apa jenis pendidikan yang mereka miliki?

Semakin rinci anda bisa mendapatkan informasi dalam mengidentifikasi karakteristik dan demografi pelanggan ideal anda (target pasar), anda akan dapat memulai kampanye pemasaran dan pesan produk yang akan lebih mungkin beresonansi dengan individu. Tidak memiliki pemahaman yang jelas tentang siapa pelanggan anda akan mengakibatkan modal pemasaran yang hilang.

Mengapa Target Pasar Penting Untuk Setiap Fase Dari Bisnis Anda?

Memiliki target pasar yang jelas sangat penting dalam tahap perencanaan dan penelitian bisnis. Pertimbangkan empat bidang perencanaan bisnis di mana target pasar yang tepat merupakan hal terpenting dalam penelitian:

Studi Kelayakan Sederhana : Cara cepat untuk menilai ide bisnis anda keakraban dengan kebiasaanpembelian dari target pasar. Jika anda menjual produk bayi untuk mahasiswa, pria berusia 30 tahun, bisnis anda pasti akan gagal. Untuk menentukan apakah ide bisnis anda dapat bekerja, target pasar harus ditentukan.

Market Research : Riset pasar diperlukan untuk memahami area disekitar bisnis anda. Pelanggan ideal atau target pasar adalah salah satu area penting. Mengambil waktu untuk melakukan penelitian primer dan sekunder pada target pasar anda akan menghemat banyak waktu dan uang terbuang.

Analisis SWOT : Analisis SWOT adalah kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang bisa dihadapi bisnis anda. Ini mencakup apa pun yang mengelilingi target pasar anda. Misalnya jika anda memiliki produk yang berhubungan dengan kesehatan menargetkan pria berusia 55-70 ancaman terhadap target pasar anda adalah terjadinya penurunan tingkat pendapatan setelah mereka mencapai usia pensiun yaitu 65 tahun.

Rencana Bisnis : Sebuah rencana bisnis yang baik memiliki banyak sisi tetapi pada dasarnya ditulis sekitar dua bidang utama, produk dan target pasar. Tidak memiliki pemahaman yang jelas tentang target pasar, seperti kebiasaan, perilaku dan preferensi akan menghasilkan sebuah rencana bisnis yang tipis. Sebuah rencana bisnis yang tipis tidak akan membantu anda memperoleh pendanaan, investor.

Pemasaran: Target pasar anda adalah kepada siapa anda akan menulis dan mendesain semua materi pemasaran bisnis anda. Tidak menemukan target pasar yang tepat seperti menulis surat ditujukan kepada ayah anda dan mengirimnya ke paman anda. Pesan tidak akan disampaikan dengan benar dan paman anda akan kebingungan. Anda akan membuang iklan puluhan juta rupiah untuk memberikan pesan kepada target yang salah.

Related

Comments are closed.