Properti di Pontianak

Plus Minus Tagihan Kartu Kredit Online

Ketika Anda mendaftar untuk mendapatkan tagihan kartu kredit tanpa kertas, Anda tidak akan mendapatkan laporan bulanan kartu kredit dalam bentuk surat lagi. Sebaliknya, tagihan Anda akan tersedia secara online, sering kali dikirimkan dalam bentuk file PDF yang dapat di download, di simpan, dan di cetak. Penerbit kartu kredit akan mengirimkan email setiap bulan saat tagihan Anda sudah siap. Untuk kenyamanan Anda, penerbit kartu kredit juga akan menyertakan informasi pembayaran minimum dan tanggal jatuh tempo. Jika Anda berpikir akan mengubah kertas tagihan kartu kredit dengan tagihan online, pertimbangkan plus dan minus sebelum Anda melakukan perubahan.

Plus : Melestarikan Pohon

Tagihan tanpa kertas baik bagi lingkungan. Menurut Indonesian Pulp and Paper Association,  rata-rata  penggunaan kertas adalah 55 kg kertas per angkatan kerja Indonesia, setara dengan 0,6  – 0,9 pohon per orang per tahun, artinya setiap tahun sekitar 65 – 97 juta pohon ditebang untuk memenuhi kebutuhan akan kertas. Jika penerbit kartu kredit mengirimkan sedikit tagihan dengan kertas, akan sedikit berkurang permintaan untuk kertas, yang berarti polusi udara akan sedikit berkurang dari produksi kertas. Beberapa penerbit kartu kredit bahkan berjanji untuk berkontribusi untuk pelestarian pohon saat Anda mendaftarkan diri dalam program tagihan online.

Minus : Mudah Lupa Waktu Pembayaran

Salah satu kelemahan untuk penggunaan tagihan online adalah lebih mudah lupa untuk melakukan pembayaran ketika Anda tidak memiliki tagihan fisik sebagai pengingat. Jika membutuhkan pengingat, Anda dapat mencetak tagihan dari internet dan meletakkang di mana Anda biasanya menempatkan tagihan. Cara ini masih menghemat kertas karena Anda meniadakan amplop untuk menyisipkan lembar tagihan kedalamnya.

Anda juga bisa melewatkan tanggal jatuh tempo jika email dari penerbit kartu kredit tertangkap oleh filter spam dan tidak pernah masuk ke dalam kotak inbox. Pastikan Anda menambahkan alamat email penerbit kartu kredit Anda ke dalam “daftar aman” untuk mencegah email terkarantina secara otomatis oleh filter spam.

Plus : Mengurangi Surat dan Kertas di Rumah Anda

Jika Anda mendownload tagihan kartu kredit, Anda dapat menyimpannya di komputer atau drive eksternal yang dapat diakses sewaktu-waktu saat dibutuhkan.

Minus: Lebih Banyak Password Yang Harus Diingat

Ketika Anda mendaftar untuk mendapatkan tagihan kartu kredit online, yang berarti Anda akan memiliki satu lagi username dan password untuk diingat. Bahkan jika Anda mencoba untuk menggunakan username dan kata sandi yang sama untuk semua situs, ini bukan ide yang baik.

Plus : Mencegah Pencurian Identitas

Dengan menggunakan tagihan online, bisa membantu mencegah pencurian identitas yang dihasilkan dari surat tagihan kartu kredit yang dicuri. Bahkan hacking pada akun email Anda tidak akan memberikan akses kepada pencuri untuk informasi kartu kredit karena Anda harus log in ke website penerbit kartu kredit (atau pada file tagihan) untuk melihat informasi tagihan Anda. Sebaiknya user name dan kata sandi untuk tagihan online dibuat berbeda dengan akun email.

Minus : Terlambat Mengetahui  Adanya Penipuan Kartu Kredit dan Perubahan Informasi Kartu Kredit 

Jika Anda menggunakan pembayaran otomatis untuk  membayar tagihan kartu kredit, Anda dapat dengan mudah lupa untuk meninjau laporan tagihan kartu kredit setiap bulan, sebuah langkah yang penting untuk mengetahui adanya penipuan kartu kredit. Anda memiliki waktu 60 hari untuk melaporkan kesalahan dalam penagihan, di luar itu penerbit kartu kredit bisa memaksa Anda membayar untuk pembelian yang tidak pernah Anda lakukan.

Ada satu lagi kerugian untuk membayar tanpa membaca tagihan kartu kredit Anda, tidak waspada terhadap perubahan dalam pembayaran minimum Anda. Jika pembayaran minimum Anda meningkat melampaui pembayaran yang telah ditetapkan, Anda akan dikenakan dengan biaya keterlambatan bahkan jika pembayaran dilakukan tepat waktu. Setelah 60 hari, tingkat suku bunga akan meningkat dan status keterlambatan pembayaran akan mempengaruhi laporan kredit Anda.

Bayar Secara Online Tanpa Perlu Tagihan Online

Bahkan jika Anda memilih untuk tidak mendaftar untuk layanan tagihan kartu kredit online, Anda dapat membayar kartu kredit Anda secara online baik melalui bank,  jika mereka menawarkan layanan pembayaran tagihan secara online atau langsung ke penerbit kartu kredit melalui situs web mereka.

Comments are closed.