Gratis Newsletter Kami  
PermataBank.NET Review
 

Pertimbangan Dalam Memilih Bunga KPR

Perhitungan Dalam Memilih Bunga KPRBunga KPR merupakan salah satu hal yang perlu dipertimbangkan sebelum mengajukan permohonan KPR. KPR (Kredit Pemilikan Rumah) adalah kredit yang biasanya ditawarkan oleh bank kepada individu untuk membeli properti seperti rumah, apartemen, ruko, dan rukan yang dijual oleh individu atau developer. Jangka waktu yang ditawarkan untuk melunasi KPR biasanya relatif cukup panjang dengan bunga yang relatif cukup rendah. Bunga KPR yang ditetapkan oleh setiap bank berbeda-beda, biasanya berkisar antara 7% sampai 12%. Bank Indonesia sebagai bank sentral di Indonesia menerbitkan Daftar Suku Bunga KPR Bank setiap tahunnya.

Sebelum memilih bank untuk mengajukan permohonan KPR, alangkah lebih baiknya jika meneliti dan membandingkan peraturan dan syarat-syarat KPR dari semua bank yang menyediakan sistem KPR terlebih dahulu. Semua bank, dalam rangka menarik masyarakat untuk membeli properti dengan KPR, menawarkan bunga KPR yang cukup rendah. Namun, jangan dulu langsung tergiur dengan nominal bunga yang rendah yang ditampilkan oleh setiap bank. Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum memilih bank untuk diajukan permohonan KPR.

Bunga awal yang ditawarkan memang sekilas terlihat rendah. Namun ada yang perlu perhatikan juga berapa soal lama bunga yang rendah itu berlaku. Kebanyakan bank menetapkan bunga awal yang rendah hanya untuk jangka waktu 6 bulan atau 1 tahun. Setelah jangka waktu tersebut maka besarnya bunga yang harus dibayar biasanya mengikuti laju bunga dari Bank Indonesia. Untuk mengantisipasi hal tersebut, lebih baik memilih KPR dengan bunga yang paling rendah dan dengan jangka waktu evaluasi bunga yang paling panjang.

Namun, jika masyarakat yang mengajukan permohonan KPR dapat menilai kondisi ekonomi negara dan merasa yakin bahwa kondisi ekonomi negara cukup bagus dan stabil, maka yang bersangkutan dapat memilih KPR dengan bunga rendah namun memiliki jangka waktu evaluasi bunga yang lebih pendek. Untuk pertimbangan lebih lanjut, perhatikan juga bunga berjalan yang sedang berlaku di bank tersebut maupun di bank-bank lain, lakukan hal tersebut sebagai pembanding.

Apakah bunga berjalan yang sedang berlaku di bank tersebut lebih tinggi atau lebih rendah dibandingkan bank-bank lainnya? Meskipun tidak ada kepastian, namun besar kemungkinan pengaju permohonan KPR dikenakan bunga berjalan dengan jumlah yang sama di kemudian hari setelah jangka waktu bunga tetap berakhir. Jadi, pertimbangkan baik-baik sebelum memilih dan memutuskan layanan kredit pemilikan rumah.