Gratis Newsletter Kami  
PermataBank.NET Review
 
Properti di Pontianak

Pentingnya Akuntansi Keuangan

Pentingnya Akuntansi KeuanganAkuntansi adalah sebuah ilmu ekonomi yang menitik beratkan pada cara menyimpan dan mencatat data transaksi dalam keuangan. Data transaksi itu bisa merupakan transaksi pendapatan ataupun pengeluaran. Dalam kehidupan sehari-hari dan di perusahaan, ilmu akuntansi memegang peranan yang sangat penting. Karena perhitungan apapun mengenai kegiatan ekonomi berakhir di proses perhitungan dengan cara yang ada di ilmu akuntansi. Perlu kita ketahui juga bahwa ilmu ekonomi sangat luas untuk dipelajari. Dan hampir semua ilmu yang ada di ilmu ini bisa dipraktekan dalam kehidupan sehari-hari, termasuk ilmu akuntansi yang akan kita bicarakan ini. Bila ingin mengetahui sedikit tentang akuntansi keuangan, simak dulu ulasan berikut.

Jenis Akuntansi Keuangan
Di dalam dunia akuntansi, ada beberapa jenis akuntansi yang bisa dipelajari. Yang pertama, akuntansi manajemen, akuntansi perpajakan, dan akuntansi keuangan. Akuntansi dalam keuangan dibagi lagi menjadi 2 bagian yaitu, komersial dan nirlaba. Bila akuntansi komersial dikhususkan untuk diterapkan di perusahaan, akuntansi nirlaba akan digunakan di lingkungan pemerintahan, lembaga pendidikan partai politik, rumah sakit dan masih banyak lagi.

Akuntansi komersial dalam perusahaan adalah suatu hal yang penting. Mengapa? Karena akuntansi komersial akan memberitahu perusahaan mengenai berapa besar sumber daya yang diberikan oleh pemilik perusahaan dan pihak kreditor ke dalam perusahaan yang nantinya akan memberikan laba atau keuntungan yang diinginkan. Selain itu, akuntansi komersial dalam perusahaan juga akan memberikan informasi seberapa besar efisiensi biaya yang telah dilakukan perusahaan untuk menekan beban-beban biaya perusahaan, contohnya hutang.

Bahasa lebih sederhananya adalah, penerapan akuntansi komersil untuk mengetahui hak dan kewajiban di suatu perusahaan.Sedangkan untuk akuntansi keuangan bagian yang kedua adalah akuntansi nirkabel. Akuntansi nirkabel difungsikan untuk mengatur aset yang dimiliki oleh organisasi supaya dapat bermanfaat sebagai peningkatan layanan dalam masyarakat. Karena sifat organisasi nirlaba tidak terlalu bersifat profit seperti perusahaan pada umumnya, istilah profit di organisasi nirlaba biasanya dikenal dengan istilah selisih. Selisih inilah yang nantinya akan digunakan untuk kepentingan publik.

Proses Dalam Akuntansi
Setelah mengetahui jenis akuntansi dalam bidang keuangan, akuntansi komersial dan akuntansi nirlaba, penting bagi kita untuk mengetahui pula proses-proses dalam akuntansi bidang keuangan. Adapun proses akuntansi yang ada dimulai dari pengidentifikasian dan pengukuran data yang nantinya digunakan untuk mengambil keputusan. Proses kedua adalah pemprosesan data dan pelaporan data. Proses ketiga adalah pengkomunikasian laporan data kepada yang berwenang. Pengidentifikasian data yang dimaksud adalah catatan-catatan transaksi yang terjadi di dalam perusahaan atau organisasi. Lalu maksud dari pemprosesan dan pelaporan data adalah mengumpulkan data transaksi secara runtut lalu digolongkan ke kategori yang disediakan.

Selanjutnya adalah melaporkan data-data yang sudah diproses tadi. Sangat runtut dan saling berhubungan agar perusahaan ataupun organisasi bisa mengetahui secara gamblang mengenai keuangannya. Bila dilihat memang cukup rumit, namun itulah seninya dunia akuntansi. Kerumitan hanya ada diawal, namun jika data keuangan sudah jadi dan siap dilaporkan, perusahaan atau organisasi akan dimudahkan dengan adanya laporan tersebut. Perusahaan dan organisasi hanya cukup melihat data keuangan yang telah dibuat oleh akuntan dan mengecek lagi kepada pihak-pihak yang bersangkutan. Data keuangan yang clear secara tidak langsung dapat membantu perusahaan atau organisasi untuk bisa lebih maju. Dan selain itu, data keuangan yang benar akan membantu perusahaan atau organisasi untuk mengkoreksi diri, bila laba yang diharapkan belum sesuai dengan target yang dibuat. Maka tak berlebihan jika kita sebut salah satu nadi perusahaan atau organisasi adalah akuntansi keuangan.

Comments are closed.