Gratis Newsletter Kami  
PermataBank.NET Review
 
Properti di Pontianak

Penggunaan Akuntansi Dalam Bisnis

Akuntansi Dalam BisnisDalam pengelolaan bisnis, akuntansi sangat penting untuk memahami bagaimana bisnis Anda dapat menghasilkan keuntungan. Data Akuntansi bisnis sangat berguna bagi pemilik maupun pengelola perusahaan untuk dapat memonitor serta mengevaluasi jalannya perusahaan. Dengan adanya data keuangan/akuntansi yang akurat, pengelola ataupun pemilik bisnis dapat menghindarkan perusahaan dari inefesiensi serta mendeteksi apabila ada kejanggalan pencatatan.

Data akuntansi juga digunakan secara internal bisnis maupun secara extrenal yaitu digunakan oleh investor, karyawan, kreditur, pemerintah, pelanggan dan masyarakat. Setiap  perusahaan membutuhkan model bisnis dan model laba yang baik. Sebuah bisnis tentu menjual produk atau jasa dan mendapatkan sejumlah margin pada setiap unit produk atau jasa yang dijual. Jumlah unit yang terjual adalah volume penjualan selama periode pelaporan keuangan. Perusahaan mengurangi jumlah biaya tetap selama periode penjualan, yang memberikan mereka keuntungan operasional sebelum dikenakan bunga pinjaman dan pajak pendapatan.

Penting sekali untuk tidak membuat kebingungan antara keuntungan dengan arus kas. Laba sama dengan total penjualan dikurangi biaya. Seorang manajer bisnis tidak harus mengasumsikan bahwa penjualan sama dengan arus kas masuk atau bahkan sama dengan arus kas keluar. Dalam akutansi penjualan, kas atau aset lain telah meningkat. Aset piutang meningkat dalam catatan akutansi pendapatan untuk penjualan yang dilakukan secara kredit.

Banyak biaya yang dicatat sebagai penurunan aset jika menggunakan pembayaran selain uang tunai. Misalnya, harga pokok penjualan dicatat dengan penurunan untuk aset persediaan dan beban penyusutan dicatat dengan penurunan terhadap nilai pembukuan aktiva tetap atau aktiva tahan lama berwujud yang digunakan dalam usaha pokok perusahaan seperti tanah, bangunan, kendaraan dan peralatan dan tidak berwujud adalah mencerminkan hak atau posisi yang menguntungkan perusahan dalam menghasilkan perusahaan seperti hak cipta, hak cetak dan goodwill. Juga beberapa biaya dicatat sebagai peningkatan kewajiban hutang atau peningkatan kewajiban biaya yang masih harus dibayarkan.

Perlu diingatkan bahwa memiliki anggaran jauh lebih baik daripada tidak menggunakan sama sekali. Anggaran memberikan banyak manfaat, seperti memahami dinamika keuntungan dan struktur keuangan dari bisnis Anda. Hal ini juga membantu untuk merencanakan perubahan untuk periode pelaporan dimasa mendatang. Anggaran juga akan memaksa seorang manajer bisnis untuk lebih fokus pada faktor-faktor yang perlu diperbaiki demi meningkatkan keuntungan. Sebuah Laporan Laba-Rugi yang baik akan menyediakan kerangka penting untuk memanfaatkan anggaran. Pasang jumlah tertentu dalam laporan laba Anda untuk volume penjualan, harga jual, biaya produk dan biaya lainnya dan lihat proyeksi bagaimana keuntungan yang bisa Anda hasilkan ditahun mendatang dari bisnis ini.

Related

Comments are closed.