Gratis Newsletter Kami  
PermataBank.NET Review
 

Pengertian Umum Tentang Transfer Bank

Transfer BankDalam kehidupan modern saat ini keperluan untuk melakukan transaksi harus bisa cepat dan aman. Cara konvensional sudah banyak ditinggalkan terutama untuk keperluan bisnis karena membutuhkan waktu lama dan beresiko tinggi ketika harus mengirim uang dalam jumlah banyak. Transfer bank menjadi salah satu pilihan yang banyak digunakan orang untuk berbagai keperluan dalam mengirim maupun menerima uang dengan jumlah yang bervariasi. Oleh karena itu pada topik kali ini kami akan mengulas secara sederhana tentang sistem transfer bank dalam bertransaksi.

Pihak bank saat ini sudah semuanya memberikan layanan transfer bank sebagai produk perbankan umum. Dalam melakukan pengiriman uang pihak bank akan mengidentifikasi si pengirim dan penerima sebagai salah satu fungsi dalam menjaga keamanan transaksi. Dalam proses pengiriman uang, seseorang harus memiliki saldo yang mencukupi untuk pengiriman sekaligus pengenaan biaya administrasi. Selain itu si pengirim juga benar-benar teliti dan yakin bahwa tujuannya benar sehingga terhindar dari kesalahan kirim karena jika uang sudah diterima orang lain maka akan sulit untuk menariknya kembali.

Seperti yang telah ditulis pada awal artikel bahwa transfer bank merupakan cara efisien dalam mengirim uang. Kecepatan waktu dan tingkat keamanan yang dimiliki sistem ini membuat segala urusan menjadi lebih cepat terselesaikan. Dalam dunia bisnis dikenal waktu adalah uang, semakin cepat uang itu bisa di kirim dan diterima maka akan berpengaruh positif pada usahanya tersebut. Sedangkan proses transfer antar bank terkadang masih memerlukan waktu beberapa hari karena bank pengirim dan penerima harus melakukan verifikasi terlebih dahulu transfer uangnya itu. Walaupun memakan waktu tetapi masih lebih cepat dan aman dibandingkan menggunakan cara konvensional.

Cara Transfer Uang
Seseorang yang akan melakukan transfer uang melalui bank tidak perlu harus menjadi nasabah terlebih dahulu karena dapat menggunakan cara transfer tunai. Anda cukup menyerahkan sejumlah uang yang akan dikirmkan kemudian mengisi formulir pengiriman uang dengan lengkap dan jelas dan terkakhir pihak bank dengan cepat akan melakukan proses verifikasi dan pengiriman dalam hitungan jam saja.

Selain transfer tunai anda juga bisa memanfaatkan ATM, mobile banking, atau internet banking untuk melakukan pengiriman uang. Fasilitas dari pihak bank ini sudah umum digunakan orang hingga saat ini. Kemudahan dalam eksekusi pengiriman, kecepatan waktu transfer, dan keamanan tinggi menjadi bagian dari transfer bank. Sektor industri, pemerintahan, hingga perorangan sudah banyak yang memanfaatkan cara tersebut.

Selalu Waspada
Walaupun sisi keamanan dalam transfer bank bisa dikatakan maksimal dengant erus dilakukan pembaruan setiap waktu secara berkala namun berbagai modus kejahatan selalu mengincar orang yang lengah. Seperti halnya maraknya sms penipuan yang berisi pesan untuk transfer pada suatu rekening dengan pengiriman random. Jika kebetulan (mungkin) anda pada waktu itu sedang akan mengirim uang maka pesan tersebut bisa menjadi jebakan yang tidak anda sadari. Oleh karena itu kewaspadaan dalam menggunakan atau memanfaatkan fasilitas transfer bank harus tinggi. Pastikan konfirmasi ulang mengenai nomor rekening tujuan pada pihak yang akan menerima transfer uang tersebut.

Related

Comments are closed.