Gratis Newsletter Kami  
PermataBank.NET Review
 
Properti di Pontianak

Pengertian Obligasi

Kebanyakan investor akrab dengan dua jenis  investasi utama: saham dan obligasi. Saham mudah dipahami karena kita mendengar tentang pasar saham setiap hari. Berita itu terus-menerus mengingatkan kita tentang apakah pasar saham akan naik, turun dan apa tindakan yang perusahaan lakukan yang terbaik dan terburuk. Bagaimana dengan obligasi? Kebanyakan dari kita memiliki obligasi dalam portofolio tapi kita mendengar sedikit informasi tentang pasar obligasi atau bagaimana instrumen keuangan ini benar-benar bekerja.
Anda Menjadi Pemberi Pinjaman Perorangan

Bila  membeli saham, anda membeli sepotong kecil kepemilikan sebuah perusahaan. Nilai saham berfluktuasi berdasarkan investor atau pasar secara keseluruhan menilai sebuah perusahaan. Obligasi sangat berbeda. Bila membeli obligasi anda tidak membeli kepemilikan perusahaan tetapi sebaliknya, anda meminjamkan uang kepada perusahaan. Sebagai imbalan atas pinjaman anda, perusahaan membayar bunga. Anggap saja sebagai bank meminjamkan uang, hanya peran yang terbalik. Bila anda meminjam uang dari bank , bank memberi anda sejumlah uang yang harus dibayar dari waktu ke waktu berserta bunga. Itu persis bagaimana sebuah ikatan bekerja tapi kali ini anda adalah “bank” meminjamkan uang ke perusahaan, yang kemudian perusahaan membayar kembali kepada anda sepanjang waktu dan dengan bunga.
Jenis Obligasi

Sementara contoh di atas menggambarkan sebuah obligasi korporasi, ada berbagai jenis emiten obligasi. Tidak hanya dapat menerbitkan obligasi korporasi seperti pemerintah daerah dan pusat. Pernahkah anda mendengar tentang obligasi tabungan? Ini adalah obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah. Prinsip yang sama berlaku dan anda meminjamkan uang kepada pemerintah sementara mereka setuju untuk membayar anda dengan bunga.

Jika anda berbicara tentang kota lokal atau negara  yang menerbitkan obligasi, ini biasanya disebut sebagai obligasi daerah atau muni ( banyak istilah untuk ini ). Obligasi ini biasanya mendanai proyek yang baik menghasilkan pendapatan atau diperlukan untuk pembangunan atau pemeliharaan. Salah satu manfaat dari obligasi daerah adalah bahwa jika anda membeli obligasi lokal di negara tempat tinggal ,anda mungkin mendapat potongan pajak khusus untuk bunga yang diperoleh.
Bagaimana menghasilkan Uang Dengan Obligasi

Obligasi sedikit berbeda dibandingkan investasi lainnya. Dengan saham yang anda cari adalah kenaikan nilai atau harga. Ini berarti anda ingin harga saham  naik. Bila anda membeli obligasi, anda tidak peduli dengan kenaikan atau penurunan harga obligasi tetapi berdasarkan faktor pendapatan rutin dalam bentuk bunga.

Itu tidak berarti harga obligasi tidak berfluktuasi, karena mereka bisa tapi obligasi biasanya tetap lebih stabil dari harga saham. Karena relatif stabil dalam harga dan pembayaran bunga reguler, obligasi dianggap lebih aman daripada investasi saham. Hal ini terutama berlaku dengan obligasi pemerintah yang didukung oleh keyakinan dan kepercayaan penuh dari pemerintah Indonesia. Selain itu, beberapa obligasi daerah bahkan mungkin diasuransikan.

Obligasi pada umumnya digunakan oleh investor untuk mengimbangi beberapa risiko dalam portofolio mereka. Saham dapat berfluktuasi dari satu hari ke hari dengan margin yang signifikan, namun obligasi cenderung  stabil dan tentu saja membayar bunga. Jadi, dengan menambahkan obligasi untuk portofolio, anda dapat mengurangi beberapa resiko mengambil saham dengan memiliki beberapa pendapatan yang stabil dari obligasi.

(www.permatabank.net)

Comments are closed.