Gratis Newsletter Kami  
PermataBank.NET Review
 
Properti di Pontianak

Pengertian Investasi Secara Sederhana

Pengertian Investasi Secara SederhanaAnda pasti sudah sering mendengar tentang investasi, bahkan mungkin beberapa kali pernah mendapatkan penawaran untuk memasukkan uang milik anda disana. Menanamkan uang pada suatu investasi sering menjadi pokok bahasan cara mendapatkan keuntungan dengan resiko minimal. Namun sering orang menyalah artikan bahwa sistem tersebut untuk memperoleh uang dalam waktu yang cepat. Untuk beberapa situasi memang bisa dimungkinkan namun itu sangat langka.

Ada beberapa hal penting yang perlu diketahui oleh pembaca sebelum memutuskan untuk menggunakan uangnya pada suatu investasi.
1. Ketika semua kebutuhan utama untuk menunjang hidup sudah terpenuhi maka saat itulah waktu yang tepat untuk menggunakan simpanan uang yang anda miliki digunakan pada usaha investasi. Jangan memaksakan diri berinvestasi jika masih memiliki beban atau kewajiban yang harus dibayarkan.

2. Buat perencanaan anggaran terlebih dahulu agar bisa diketahui selisih antara penghasilan dan pengeluaran sehingga mendapatkan sisa dana dalam persentase tertentu untuk digunakan keperluan pengembangan dana.

3. Selalu mencari informasi yang akurat terhadap berbagai penawaran atau peluang investasi agar uang yang anda miliki tidak beresiko “hilang” dan berujung pada kerugian finansial.

Jenis Investasi
Ada dua jenis cara mengembangkan uang yang ada pada saat ini yaitu investasi pada sektor riil dan aset finansial. Investasi riil paling umum dikenal masyarakat sejak lama adalah emas, logam mulia dengan bentuk batangan maupun perhiasan kebanyakan menjadi pilihan. Kemudian dalam bentuk tanah maupun bangunan sebagai investasi properti yang tentu saja membutuhkan dana yang tidak sedikit untuk memilikinya.

Sedangkan investasi finansial bisa berupa kepemilikan saham, deposito, obligasi, reksa dana, dan lain-lain. Jenis ini tidak memerlukan perawatan secara fisik karena berupa dokumen. Walaupun terlihat sederhana namun memiliki resiko tinggi sehingga memerlukan pengetahuan yang luas jika memilih menempatkan uang pada investasi finansial.

Kesimpulan secara umum ketika anda sudah punya keinginan atau memutuskan untuk mengembangkan sejumlah dana milik pribadi dalam dunia investasi yang paling diperlukan adalah optimis yang realistis. Setiap aspek kehidupan mempunyai efek terhadap naik turunnya nilai dari keuntungan investasi yang didapatkan. Oleh karena itu pilihlah jenis investasi yang sesuai dengan kekuatan finansial anda serta kemampuan dalam menyerap serta mengelola informasi agar bisa membuat beberapa keuntungan jangka panjang.

Related

Comments are closed.