Gratis Newsletter Kami  
PermataBank.NET Review
 

Pengajuan Kredit Usaha Kecil (UKM) Untuk Pertama Kalinya

Proses mengajukan kredit usaha untuk bisnis kecil dan menengah bisa menjadi situasi yang menakutkan saat pertama kalinya. Tempat terbaik ketika mulai mencari kredit pinjaman untuk bisnis Anda, bukan terfokus pada akuntan, bankir atau pengacara tapi faktor utamanya adalah Anda. Bisnis identik dengan pemilik usaha, jadi riwayat kredit pribadi Anda merupakan aspek penting dalam mendapatkan pinjaman usaha kecil.

Seberapa baik atau buruk sejarah kredit pribadi Anda dapat mempengaruhi kemampuan Anda untuk mendapatkan pinjaman bagi usaha kecil yang sedang atau akan dijalani. Bank cukup berhati-hati meninjau semua praktik pemberian kredit dan berusaha untuk mengurangi atau meminimalisir risiko gagal bayar. Sebelum Anda masuk ke lembaga keuangan untuk mendapatkan pinjaman kredit usaha kecil, cari tahu sejarah kredit Anda.

Periksa Sejarah Kredit Anda

Anda bisa mencari informasi sejarah kredit pribadi Anda pada Biro Informasi Kredit (BIK) di Gerai Info Bank Indonesia, Lobby Menara Sjafruddin Prawiranegara, Jalan M.H. Thamrin No.2, Jakarta 10350, Telp. (021) 2310108 ext. 5019. Setiap hari kerja Senin – Jumat, pukul 08.30 – 15.30 WIB. Periksa sejarah kredit Anda atas  kesalahan data dan kelalaian. Sebagai contoh, Anda mungkin telah menutup kartu kredit dengan limit Rp.30 Juta beberapa tahun lalu tetapi informasi ini masih ada pada file. Bank akan melihat ini sebagai kredit yang tersedia dan membatasi atau menolak kredit usaha kecil Anda.

Jelaskan Pembayaran Anda :

Jika Anda dapat menjelaskan alasan keterlambatan pembayaran dan tahu mengapa informasi tersebut ada pada file kredit Anda, berikan penjelasan yang masuk akal kepada pihak bank.

Mendapatkan pinjaman untuk usaha kecil dan menengah bukan proses yang mudah dan cepat. Anda perlu tahu segala aspek bisnis Anda dan situasi keuangan pribadi. Ingat, langkah pertama untuk mendapatkan pinjaman usaha kecil adalah memiliki laporan kredit yang bersih.