Gratis Newsletter Kami  
PermataBank.NET Review
 

Mengelola Aset Bukan Seperti Sulap

Mengelola Aset Bukan Seperti SulapJika anda membaca atau mendengar tentang aset seperti manajemen, pemulihan, perlindungan, pelacakan, dan evaluasi maka yang langsung dipikiran adalah permasalahan teknis. Memang bagi kebanyakan orang hal-hal seperti itu akan membuat bingung karena istilah-istilah tersebut. Sedangkan bagi orang-orang tertentu isitlah ini sudah umum dalam kehidupan sehari-hari mereka. Nah apapun istilah keuangan yang kadang membuat anda pening, hal terpenting dari itu semua adalah tentang usaha yang harus dilakukan untuk mengawasi dan melindungi aset yang untuk waktu kedepan bisa membuat kehidupan anda lebih baik atau semakin buruk.

Oleh sebab itu pahami bahwa mengelola aset tidak semudah teori dalam buku dengan teknik-teknik instan seperti layaknya adegan sulap. Dalam mengelola set terutama untuk usaha setiap pemilik bisnis bisa saja memanfaatkan jasa perorangan maupun perusahaan yang memiliki kredibilitas dalam mengelola aset. Namun sebelum memutuskan pilihan itu sebaiknya ambil cara pendekatan secara lebih personal untuk berusaha mengelolanya sendiri dengan memahami berbagai istilah seputar manajemen keuangan secara umum.

Aset bisa diartikan sebagai harta fisik (walaupun dalam konteks tertentu non fisik dapat diartikan sebagai aset juga) seperti tanah, bangunan, perhiasan, kendaraan, saham, dan bentuk fisik lainnya. Evaluasi aset merupakan perhitungan terhadap nilai aset yang dimiliki. Kalkulasi tersebut memerlukan informasi yang valid mengenai jumlah aset dan evaluasi terhadap nilai barang fisik.

Pengelolaan atau manajemen aset mengacu pada cara-cara pemilik untuk mengelola dalam suatu investasi agar menghasilkan keuntungan yang maksimal. Pemulihan aset adalah suatu cara untuk mendapatkan asetnya kembali ketika digunakan dalam suatu investasi seperti penyewaan properti memulihkan aset dalam keuntungan tertentu. Lebih jelasnya adalah “memperkerjakan” aset yang dimiliki agar mendapatkan pemasukan yang berpotensi menaikkan jumlah kekayaan.

Perlindungan aset adalah salah satu upaya dalam menjaga, merawat, dan mengamankan aset dari resiko kerugian. Resiko yang dimaksud ada banyak, beberapa diantaranya adalah kerusakan yang diakibatkan oleh alam maupun manusia. Aset yang terjamin oleh asuransi akan mengurangi beban pikiran pemiliknya ketika ada suatu hal yang tak terduga harus memperbaiki aset yang mengalami kerusakan.

Mengelola aset dengan cara-cara diatas memiliki tingkatan kerumitan dan permasalahan tersendiri ketika dipraktekan secara nyata. Namun ada satu pemahaman yang harus sudah dimiliki sejak awal bahwa setiap aset yang dimiliki akan memberikan berbagai resiko untung atau rugi. Oleh karena itu sediakan waktu yang baik dalam porsi yang wajar guna mengelola setiap aset yang dimilikinya secara cerdas, disiplin, dan bertanggungjawab. Selain itu selalu meningkatkan pengetahuan dan informasi berkaitan dengan aset-aset yang dimiliki agar mendapatkan pemahaman secara profesional dalam usaha manajemen aset.

Related

Comments are closed.