Gratis Newsletter Kami  
PermataBank.NET Review
 
Properti di Pontianak

Manajemen Waktu Untuk Bisnis Berbasis Rumahan

Manajemen Waktu Untuk Bisnis Berbasis RumahanHampir semua orang menginginkan dan membutuhkan uang dalam jumlah yang banyak untuk memenuhi segala keperluan hidup baik primer maupun sekunder. Namun yang menjadi masalah adalah tidak banyak orang yang dapat memasuki dunia bisnis sampingan sebagai pekerjaan yang kedua. Itu bisa dimaklumi mungkin karena pekerjaan utama sudah menguras waktu sehingga untuk menambah aktifitas lain tidak bisa. Namun juga ada “kesibukan” lain yang dianggap hiburan. Setelah bekerja seharian setiap orang memang membutuhkan hiburan untuk melepaskan penat dan stres seperti menonton televisi, membaca buku, serta melakukan hobi lainnya yang sekiranya dapat menggembirakan.

Saat kondisi memang butuh tambahan penghasilan maka yang harus dilakukan adalah mengelola waktu antara pribadi, keluarga, dan bisnis. Dalam menjalankan bisnis sampingan atau tambahan ada banyak macamnya. Mulai dari kisaran waktu yang diperlukan untuk bekerja hingga ruangan yang diperlukan untuk usahanya itu. Pembagian waktu menjadi satu hal utama yang harus diperhatikan karena menyangkut kehidupan sosial keluarga dan lingkungan. Anda tentu tidak mau dikatakan gila kerja atau workaholic dengan mengorbankan waktu lebih hanya untuk mengejar penghasilan. Walaupun itu sangat dibutuhkan namun sebaiknya bagi waktu dengan benar agar hubungan antara keluarga dan masyarakat sosial tidak terganggu.

Usaha dirumah untuk beberapa jenis pekerjaan memerlukan tempat tersendiri yang tentunya mengurangi fungsi dari ruangan yang ada di rumah. Apalagi yang hanya memiliki luas rumah terbatas maka secara tidak langsung mempengaruhi kenyamanan. Semakin berkurang fungsi ruangan dalam rumah maka secara psikologis penghuni lainnya akan merasa terganggu. Oleh sebab itu perlu kebijakan yang baik dalam memilih satu bisnis berbasis rumahan. Kegiatan dari pekerjaan kebanyakan menghasilkan “polusi” berupa suara. Menggergaji, musik, kegaduhan, dan masih banyak lagi merupakan contohnya. Efek samping yang ditimbulkan itulah yang mestinya diminimalisir agar penghuni rumah dan lingkungan sekitar tidak terganggu.

Hal lainnya lagi adalah cukup waktu untuk istirahat agar kondisi kesehatan tetap fit. Pola istirahat yang tetap terjaga akan menghindarkan kekacauan. Seperti anda memaksakan diri untuk begadang padahal pagi hari sudah harus siap tenaga dan pikiran untuk pekerjaan utamanya. Tentu anda tidak menginginkan hal itu yang efeknya bisa dipecat dari pekerjaan gara-gara konsentrasi di tempat bekerja menurun drastis. Akhirnya manajemen waktu menjadi satu dasar yang harus direncanakan berdasarkan porsi kekuatan individu.

Kesimpulannya adalah waktu itu sangat berharga bagi kehidupan setiap orang. Walaupun kebutuhan hidup sangat mendesak dan harus meningkatkan penghasilan dari sumber lain pembagian waktu yang sehat harus diterapkan. Uang memang penting untuk digunakan bertahan hidup, namun yang lebih penting lagi keseimbangan  pekerjaan dan hidup bersosial. Pengorbanan itu lumrah tetapi jika menimbulkan hidup kacau maka sebaiknya mencari bisnis sampingan yang lebih sederhana tapi efektif.

Related

Comments are closed.