Properti di Pontianak

Manajemen Keuangan Saat Pensiun

Manajemen Keuangan Saat Masa PensiunKetika seseorang sudah tidak bisa bekerja karena faktor umur, kesehatan, dan sebab lainnya maka potensi penghasilan akan menjadi berkurang. Oleh karena itu saat seseorang berada pada umur yang masih produktif perlu menyisihkan penghasilannya dengan menabung dan investasi lainnya yang sifatnya jangka panjang. Jika anda termasuk salah satu kelompok orang yang telah mempersiapkan finansial untuk hari tua sejak masih bekerja tentu akan bisa menikmati hidup dengan tenang ketika masa pensiun tiba. Namun perlu diingat bahwa pensiun bukan berarti tidak bisa melakukan segala sesuatu termasuk untuk mendapatkan penghasilan.

Perencanaan Sebelum Memasuki Pensiun
Ada sisa waktu banyak saat anda akan segera memasuki pensiun yang bisa dimanfaatkan untuk merencanakan pengelolaan keuangan terutama untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tidak hanya sekedar aman dari masalah biaya hidup tetapi juga mencakup mengelola simpanan yang dihasilkan semasa bekerja puluhan tahun untuk investasi. Aset pensiun yang didapatkan dari tabungan bisa menjadi modal investasi, ini diperlukan agar tetap ada penghasilan walaupun estimasinya tidak sebanyak ketika masih dalam usia produktif bekerja.

Investasi sebagai salah satu bagian dari perencanaan masa pensiun harus menjadi prioritas. Pergunakan sisa waktu yang ada untuk menemukan berbagai jenis usaha tepat dan aman dari modal tabungan. Kebanyakan orang yang mendekati masa pensiun punya ketakutan mengenai persoalan keuangan sehingga kadang-kadang ada yang berusaha memperpanjang masa kerjanya. Oleh karena itu persiapkan segala sesuatunya agar masa pensiun bukan menjadi saat-saat yang menakutkan kehilangan penghasilan.

Efisiensi Pengeluaran Ketika Tidak Mencukupi
Masa pensiun biasa dianggap orang saatnya masuk “musim kemarau panjang” karena kehilangan penghasilan potensial tetapi masih harus menanggung pengeluaran untuk hidup. Efisiensi mengurangi beban biaya untuk pengeluaran menjadi solusi ketika tidak ada atau masih belum mendapatkan penghasilan alternatif saat pensiun. Jika punya kartu kredit sebaiknya jauh-jauh hari lakukan penutupan dan menghilangkan sebagian besar perilaku boros seperti waktu masih bekerja. Membuat sautu perubahan perilaku hidup drastis memang sangat berat dan menjadi sebuah beban tersendiri bagi yang sudah memasuki masa pensiun. Jika tidak melakukan itu maka bisa dipastikan hidup akan terasa lebih sulit dan banyak masalah seperti hutang yang terus bertambah.

Mengelola Penghasilan Saat Pensiun
Seperti pada pembahasan mengenai perencanaan keuangan bahwa dalam situasi apapun sebisa mungkin seseorang mendapatkan penghasilan. Memanfaatkan aset-aset yang dimiliki bisa menjadi alternatif pemasukan yang bisa membiayai kebutuhan hidup sehari-hari. Menyewakan kendaraan bermotor, kos-kosan, warung makan, warung kelontong, sewa garasi, dan masih banyak lagi merupakan peluang usaha yang bisa dijalankan saat pensiun.

Mendapatkan segala informasi adalah sangat penting guna melihat peluang investasi yang menguntungkan. Namun perlu dicermati bahwa modal investasi berasal dari aset barang bergerak dan tak bergerak serta tabungan. Oleh karena itu harus bijaksana dan cerdas dalam memilih investasi yang aman agar masa pensiun menjadi kehidupan yang menyenangkan dan tanpa beban yang berlebihan.

Comments are closed.