Gratis Newsletter Kami  
PermataBank.NET Review
 

Langkah Mudah Membuka Rekening Bank

Jika Anda ingin membuka rekening bank, Anda akan membutuhkan beberapa informasi dasar ini. Saya akan membahas 7 langkah penting dalam pembukaan rekening bank, apakah Anda ingin membuka rekening bank secara online atau secara pribadi di cabang bank terdekat. Anda akan memiliki rekening bank dalam waktu singkat.

Hampir semua bank mengikuti rumus di bawah ini dalam proses pembukaan rekening bank.

1.Memilih Bank Kepercayaan Anda

Anda mungkin sudah melakukan ini. Jika tidak, cari informasi disekeliling Anda. Apa jenis rekening yang Anda inginkan? Tabungan? Giro?  Lihat siapa yang memiliki fitur yang Anda inginkan.

2: Kunjungi Cabang atau Website Bank Pilihan Anda

Cara termudah untuk memperoleh ini adalah menemukan website lembaga keuangan pilihan anda. Coba cari di Google. Keuntungan dari membuka rekening bank secara online adalah bahwa Anda bisa melakukannya pada jam berapa pun dan di mana saja. Namun, jika Anda hanya ingin membuka rekening bank secara langsung Anda bisa mendatangi kantor cabang pilihan Anda selama jam kerja.

3: Pilih Produk Perbankan Yang Anda Inginkan

Setiap lembaga keuangan akan memiliki berbagai jenis rekening dan layanan yang bisa Anda pilih. Mereka semua akan memiliki nama ekslusif yang mungkin Anda perlu untuk mempelajarinya. Pilih salah satu yang memiliki campuran manfaat yang tepat untuk Anda.

4: Memberikan Informasi Pribadi Anda

Untuk membuka rekening, Anda harus memberikan beberapa informasi pribadi kepada pihak bank. Mereka tidak dapat membuka rekening bank tanpa rincian tertentu tentang Anda. Hal ini untuk melindungi mereka terhadap risiko dan mematuhi berbagai peraturan. Anda harus memberikan rincian yang sederhana seperti nama dan tanggal lahir, serta nomor identifikasi.

Jika Anda melakukan ini secara online ini, anda hanya perlu mengetik informasi ke dalam sebuah textbox. Jika Anda membuka rekening secara langsung di kantor cabang bank, Anda bisa menyerahkan identitas Anda itu ke bankir yang mungkin akan membuat fotokopi untuk dokumen tersebut.

5: Setuju Dengan Ketentuan

Anda harus setuju untuk mematuhi aturan-aturan tertentu dan menerima tanggung jawab untuk tindakan tertentu. Bila Anda membuka rekening bank, Anda membentuk hubungan berdasarkan topik yang sangat sensitif, uang Anda. Oleh karena itu Anda harus tahu apa yang Anda hadapi. Jika Anda membuka rekening bank  secara online, Anda akan menyelesaikan langkah ini dengan mengklik tombol “Saya Setuju” (atau kalimat serupa) dan melakukan langkah berikutnya.

6: Cetak, Tanda Tangani, dan Kirimkan (Jika diperlukan)

Jika Anda membuka rekening bank secara langsung di kantor cabang, langkah ini tidak berlaku. Jika Anda membuka rekening secara online, Anda mungkin harus mencetak, menandatangani, dan mengirimkan dokumen ke bank sebelum rekening dapat dibuka. Beberapa bank dapat menggunakan pengungkapan elektronik dan persetujuan yang mengikat secara hukum, tetapi ada juga yang tidak akan membuka rekening bank kecuali Anda menyelesaikan langkah ini. Sampai mereka menerima dokumen, rekening Anda tidak aktif.

7: Ucapkan Selamat Pada Diri Anda!

Selamat, Anda adalah pemilik rekening baru.

Sekarang, Anda hanya perlu menunggu beberapa hari sampai beberapa minggu kepada bank untuk memproses dokumen Anda. Kemudian, mereka akan mengirimkan apa pun yang Anda butuhkan untuk rekening Anda seperti buku cek dan kartu debit.

Membuka rekening bank sebenarnya sangat mudah selama Anda tahu apa yang diharapkan. (BW/PB)