Gratis Newsletter Kami  
PermataBank.NET Review
 

Kreatif Dalam Usaha Menggalang Dana

Kreatif Dalam Usaha Menggalang DanaMendapatkan uang dengan cara menggalang dana merupakan ide-ide alternatif dalam usaha memenuhi kebutuhan yang sifatnya non komersial. Kreatifitas dalam menciptakan ide untuk mendapatkan dana memang sifatnya ada yang spontanitas atau melalui pemikiran yang mendalam. Penggalangan dana yang sifatnya guna kegiatan sosial non profit memiliki tantangan tersendiri agar bisa menarik simpati banyak orang dalam memberikan sejumlah uang yang mereka miliki.

Tingkat kepedulian orang dalam memberikan uang mereka untuk kepentingan sosial sepertinya dalam persentase tidak stabil dan cenderung menurun. Ini berdasarkan pandangan pribadi penulis mengingat banyaknya penggunaan dana dari hasil penggalangan masyarakat yang tidak tepat sasaran bahkan di gunakan untuk kepentingan pribadi. Memang kejadian-kejadian seperti itu ada dalam kehidupan masyarakat umum sehingga trnasparansi dalam memperoleh dana dan mengelola uang yang terkumpul untuk kegiatan sosial sesuai dengan tujuan awal.

Dalam upaya penggalangan dana untuk kebutuhan finansial pada suatu kegiatan sosial sebaiknya pertama kali mendatangi donatur potensial yang memang “gampang”. Biasanya donatur potensial akan bisa memberi dalam jumlah yang lebih sehingga kekurangan lainnya bisa didapatkan dari kegiatan penjualan maupun sumbangan kecil lainnya. Untuk mendapatkan dana dari orang-orang tertentu memang dibutuhkan kiat-kiat khusus agar mendapatkan jumlah yang besar.

Ide lain dalam usaha mendapatkan uang dari penggalangan dana ini adalah dengan menerima segala macam barang yang diberikan oleh para donatur. Terkadang mereka tidak memberi dalam bentuk uang, namun beberapa barang seperti kaos, payung, tas, dan masih banyak lagi. Karena yang dibutuhkan berupa uang maka barang-barang tersebut bisa dilelang atau dijual langsung, mulai dari penawaran secara internal hingga model pasar murah.

Satu hal yang paling penting dari upaya menggalang dana adalah tanggungjawab mengelola uang yang didapatkan. Sepertinya mudah tapi sering terjadi kebocoran dana untuk penggunaan diluar tujuan yang semestinya. Ini yang perlu dipahami dan dijalankan dengan rasa tanggungjawab tinggi agar tujuan dari penggalangan dana tersebut tercapai dengan benar.