Gratis Newsletter Kami  
PermataBank.NET Review
 
Properti di Pontianak

KPR Syariah Dan Kelebihannya

Solusi Mudah Memperoleh Rumah Dengan KPR SyariahKPR Syariah adalah salah satu program KPR yang bisa anda pilih untuk memiliki rumah idaman. Di negara kita sendiri, bank-bank Syariah memang belum terlalu terdengar gaungnya dibandingkan dengan bank-bank milik pemerintah atau bank-bank swasta populer lainnya. Perkembangan bank-bank Syariah memang belum begitu menggigit ditengah persaingan ketat bank-bank di Indonesia, juga nampaknya masyarakat Indonesia sudah terlalu lama terbelenggu oleh bank dengan sistem ekonomi kapitalis, yaitu sistem yang dianut kebanyakan bank-bank di Indonesia. Namun, bank-bank Syariah tidak hilang akal, mereka menghadirkan satu terobosan dalam program KPR atau Kredit Kepemilikan Rumah.

Tips-Tips KPR Syariah

Bagi anda yang belum tahu perihal program KPR Syariah, silakan simak penjelasan berikut ini. Program KPR di bank Syariah pada konsep utamanya sebenarnya tidak jauh berbeda dengan program KPR di bank-bank biasa. Namun, program KPR syariah memiliki perbedaan dalam hal angsuran tetapnya yang tidak terpengaruh oleh fluktuatifnya suku bunga bank yang dinamis. Sebelum memutuskan untuk mengajukan program KPR di bank Syariah, sebaiknya anda mempunyai waktu yang cukup untuk berpikir. Perhatikan secara cermat perihal lokasi dan kondisi rumah yang akan dibeli dengan program KPR di bank Syariah.

Setelah itu, sebaiknya anda juga perhatikan luas rumah yang anda ingin beli, sesuaikan jumlah kamar dengan jumlah anggota keluarga anda. Bijaksanalah dalam menentukan luas rumah idaman anda, karena dalam ajaran Islam, kita tidak boleh membiarkan kamar dalam keadaan kosong dan tak terpakai karena akan mubazir. Menyesuaikan besarnya pendapatan anda dengan aturan cicilan yang ditentukan oleh pihak bank Syariah dalam KPR Syariah adalah hal yang tepat. Biasanya bank Syariah menetapkan satu aturan seperti besarnya cicilan tidak boleh lebih dari 35-40% dari total penghasilan anda.

Keuntungan KPR Syariah

Seperti yang kita sudah bahas sedikit di awal jika KPR dalam bank Syariah dan bank-bank biasa memang memiliki sebuah perbedaan. Perbedaan itu ada pada suku bunga. Bank-bank biasa baik itu bank swasta maupun milik pemerintah, biasanya menganut sebuah sistem yang selalu bergantung dengan nilai suku bunga bank yang cenderung fluktuatif. Namun, KPR di bank Syariah berbeda. KPR di bank Syariah mempunyai beberapa pilihan yang disesuaikan dengan kebutuhan anda masing-masing. Salah satu contoh yang paling banyak dipilih adalah murabahah, yaitu bank Syariah akan membelikan rumah yang anda idamkan dengan harga yang sesuai denga harga rumah tersebut, lalu menjualnya kepada anda. Harga jual yang akan dikenakan pada anda biasanya sudah ditambahkan dengan nilai keuntungan yang sebelumnya telah disepakati bersama oleh pihak bank Syariah dan anda sendiri.

Langkah-langkah dalam program KPR di bank Syariah adalah anda akan diminta untuk menandatangani perjanjian dalam hal pembiayaan pembelian rumah dengan harga jual yang telah anda sepakati bersama. Lalu, pihak bank Syariah akan menetapkan angsuran tetap hingga masa jatuh tempo. Melalui angsuran tetap yang telah anda sepakati, anda tidak akan dipusingkan lagi dengan suku bunga fluktuatif. Bank Syariah juga tidak akan membebankan anda dengan penalti karena sudah ada kesepakatan tentang harga cicilan KPR di awal pengajuan. Jadi sesuaikan kondisi keuangan anda dengan harga cicilan dalam KPR Syariah.

Related

Comments are closed.