Gratis Newsletter Kami  
PermataBank.NET Review
 

Kartu Kredit Sebagai Alat Pembayaran

Kartu Kredit Sebagai Alat PembayaranBerbagai penawaran kartu kredit masih terus dilakukan oleh beberapa lembaga keuangan hingga saat ini. Selain itu ada banyak potongan harga setiap pembelian di tempat-tempat tertentu bagi para pemegang kartu kredit. Hal itu yang terkadang menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat untuk memilikinya, walaupun seringkali bukan untuk kebutuhan yang semestinya. Sebelum anda akan mengajukan permohonan kartu kredit sebaiknya perlu mengetahui segala hal yang menyangkut soal itu.

Bank Indonesia sebagai bank sentral telah menerapkan peraturan mengenai alat pembayaran menggunakan kartu atau APMK mulai tanggal 1 Januari 2013. Peraturan tersebut secara garis besar melarang penggunaan kartu kredit selain sebagai alat pembayaran dan melarang dipakai untuk alat pembayaran terhadap angsuran kredit atau pinjaman. Syarat lainnya calon pemegang kartu kredit pendapatan perbulannya harus minimal sebesar 3 juta. Sedangkan bunga yang diberlakukan sebesar 3% pada tiap bulannya dan plafon pinjaman sampai 3 kali dari jumlah total pendapatan.

Secara umum berdasarkan peraturan baru dari Bank Indonesia pemegang kartu pendapatannya pada kisaran 3 – 10 juta perbulan. Syarat tersebut masih ditambah hanya diperbolehkan memiliki kartu kredit dari 2 penerbit saja. Sedangkan bagi pemilik kartu yang penghasilan perbulannya diatas 10 juta tidak terikat dengan peraturan tersebut. Kesimpulannya, bagi masyarakat yang berpenghasilan puluhan juta perbulan bisa menikmati lebih banyak kartu kredit dari beberapa penerbit kartu.

Secara global mengenai terbitnya peraturan baru mengenai kartu kredit agar bisa menekan efek negatif dari penggunaan kartu kredit yang tidak bijaksana dan disiplin, serta mengedepankan fungsi kartu kredit benar-benar sebagai sebuah alat pembayaran. Setelah anda bisa memahami itu maka tinggal keputusan yang cerdas dan baik agar ketika nantinya b isa memiliki kartu kredit bisa mengelolanya dengan benar dan bertanggungjawab. Karena apapun namanya penggunaan akrtu kredit berarti menimbulkan hutang yang harus bisa dibayarkan tanpa membebani keuangan pribadi sebelum jatuh tempo yang telah ditetapkan.

Related

Comments are closed.