Properti di Pontianak

Definisi Bisnis Ritel

Menurut informasi yang kami dapat :P,  Definisi Ritel adalah penjualan barang atau jasa kepada pengguna akhir atau end user dimana perintel membeli barang langsung kepada produsen atau grosir dan menjual dengan harga pasar demi mendapatkan keuntungan maksimal.  Ritel bukan sekedar aktivitas menjual barang saja. Namun lebih luas lagi bahwa ritel adalah sebuah rangkaian kegiatan dalam proses transfer barang dan jasa, dari pihak penjual kepada konsumen.

Saat ini ada dua jenis bisnis ritel yang sedang berkembang pesat. Peluang yang dimanfaatkan dari kedua jenis ritel ini adalah melalui perkembangan teknologi informasi, serta dengan memanfaatkan momentum perdagangan bebas.

Kedua jenis ritel tersebut adalah :

1. E-Commerce

Ritel jenis ini melakukan transaksi perdagangan dengan memanfaatkan teknologi internet. Pada sistem ini, antara penjual dan pembeli tidak pernah bertemu secara langsung serta tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. Proses transaksi barang pun dilakukan melalui transaksi jarak jauh dengan bantuan sebuah payment gateway.

2. Mini Ritel

Mini ritel ini sebenarnya merupakan terusan dari perusahaan ritel besar yang mengembangkan strategi untuk masuk ke daerah-daerah yang lebih kecil. Sebab dalam peraturan undang-undang diatur bahwa perusahaan ritel besar dilarang untuk beroperasi di daerah seperti kecamatan atau pedesaan. Membuka mini ritel ini untuk menyiasati aturan. Caranya dengan membuka gerai seukuran toko kelontong namun dengan sistem dan standar sebagaimana perusahaan induknya.

Sistem ini pun banyak ditawarkan dengan konsep waralaba. Sehingga masyarakat umum memiliki kesempatan untuk membuka usaha ritel tersebut di wilayah yang diinginkan selama memiliki modal usaha. Termasuk dengan membuka usaha yang berdekatan dengan pasar tradisional atau juga wilayah pemukiman.

Comments are closed.