Gratis Newsletter Kami  
PermataBank.NET Review
 

Dasar Dasar Perencanaan Keuangan Pribadi

Disiplin dan Tanggungjawab Sangat Perlu Dalam Mengelola Keuangan PribadiPerencanaan keuangan mencakup berbagai bagian termasuk  anggaran, biaya, utang, tabungan, dana pensiun dan asuransi. Memahami bagaimana masing-masing bagian bekerja  dan mempengaruhi satu sama lain adalah penting  bagi landasan keuangan yang kokoh untuk anda dan keluarga.

1. Anggaran
Pada tingkat yang sangat dasar dari keuangan pribadi adalah menyusun anggaran. Anda menghasilkan uang dan kemudian menggunakan uang itu. Ketika  dihadapkan dengan menggunakan uang untuk “sesuatu”, anda menyadari bahwa dengan menggunakan uang itu, anda tidak akan dapat menggunakan uang yang sama untuk “sesuatu” yang lain.

Bila membuat anggaran, anda mulai melihat gambaran yang jelas tentang berapa banyak uang yang dimiliki, apa yang anda belanjakan dan berapa banyak uang yang tersisa. Ketika dapat dengan jelas melihat di mana uang pergi, anda dapat membuat anggaran yang tepat dimana uang tersebut seharusnya digunakan.

2. Pemotongan Biaya
Setelah anda berhasil membuat anggaran, anda akan memiliki pemahaman yang jauh lebih baik dari mana uang  pergi ( cashflow ) dan di mana anda mungkin dapat mengurangi biaya.

3. Keluar dari Jerat Hutang
Bahkan setelah membuat anggaran yang baik dan mengurangi biaya yang tidak perlu, anda mungkin masih menemukan utang tersisa yang harus disingkirkan. Menggunakan kredit dan mengambil beberapa utang itu sendiri tidak selalu berarti buruk, tetapi ketika Anda tidak dapat mengupayakan pembayaran atau meminjam lebih dari yang anda mampu bayar, anda bisa mendapat masalah.

Salah satu langkah paling penting untuk keluar dari utang adalah membayar lebih dari jumlah minimum tagihan yang jatuh tempo setiap bulan. Bahkan saldo kredit kartu kecilpun bisa membutuhkan lebih dari satu dekade untuk lunas jika anda hanya membayar jumlah minimum tagihan yang jatuh tempo. Selain itu, membayar tagihan minimum akan membebankan biaya jutaan rupiah dalam bentuk bunga selama periode tersebut.

4. Menabung untuk Pensiun
Disaat perusahaan jarang menawarkan rencana pensiun  dan Jaminan Sosial, hal ini  menjadi lebih penting dari sebelumnya untuk menyimpan dan merencanakan pensiun. Sayangnya banyak orang merasa bahwa mereka tidak punya cukup uang tersisa setiap bulan untuk ditabung.

Tabungan pensiun perlu menjadi prioritas, bukan renungan.

5. Asuransi
Anda telah membuat anggaran, mengurangi biaya, bebas utang kartu kredit  dan sudah mulai menabung untuk pensiun, sehingga anda sudah siap untuk membeli produk asuransi.  Anda telah bekerja keras untuk membangun pijakan keuangan yang solid untuk diri sendiri dan keluarga sehingga perlu dilindungi. Kecelakaan dan bencana dapat dan memang pasti terjadi,  jika anda tidak diasuransikan secara memadai itu bisa menyebabkan kehancuran finansial. Anda perlu asuransi untuk melindungi hidup anda, kemampuan untuk mendapatkan penghasilan dan untuk menjaga asset.

Related

Comments are closed.