Gratis Newsletter Kami  
PermataBank.NET Review
 

Cari Informasi Sebelum Memutuskan Berinvestasi

Cari Informasi Sebelum Memutuskan BerinvestasiMelakukan investasi tidak seperti dulu yang sangat sulit menemukan informasi sebagai bahan pertimbangan dalam memutuskan pilihan. Internet sudah menjadi alat untuk mencari segala informasi terutama segala hal yang berkaitan dengan penanaman modal untuk mendapatkan hasil yang menguntungkan. Cara itu bisa meminimalisir resiko kerugian dan penipuan karena informasi yang didapat dari berbagai media online terpercaya dapat menjadi dasar.

Ketika Anda mendapatkan penawaran atau membaca suatu investasi yang terlihat menarik dan memberikan banyak keuntungan sebaiknya disikapi dengan hati-hati. Itu langkah preventif yang harus diambil karena harus ada pertimbangan dan perhitungan serta dikombinasikan dengan informasi yang terkait dengan penawaran itu ditempat lain. Dibawah ini ada beberapa tips untuk menghindari kerugian akibat salah memilih tempat untuk berinvestasi.

Jangan mudah percaya jika ditawari investasi yang dilihat sekilas sangat menarik dan menguntungkan. Cari tahu orang atau perusahaan yang menawari Anda untuk mendapatkan informasi secara lengkap dan jelas mengenai reputasi dan kredibilitasnya mereka. Penyampaian bahasa yang halus dengan memberikan perhitungan lengkap jika Anda menanamkan modal disana bukan menjadi jaminan bahwa apa yang ditawarkan itu bisa merubah keuangan Anda menjadi lebih baik. Oleh karena itu jika Anda memang seorang individu yang mudah terbujuk rayu kata-kata indah sebaiknya timbulkan kesadaran dalam pikiran bahwa Anda harus melakukan pertimbangan yang matang. Abaikan ketika orang yang berusaha menawarkan investasi itu sudah memojokkan Anda dengan memberikan gambaran buruk jika tidak memutuskan pada saat itu, karena itu strategi pemasaran mereka yang menyerang langsung pada sisi psikologis target.

Cari informasi melalui orang-orang terdekat dan kepercayaan Anda guna perbandingan dan masukan dalam pertimbangan untuk menolak atau memutuskan untuk berinvestasi. Tidak hanya itu, cari juga di media online seperti forum komunitas online dimana saja agar bisa mengetahui secara detail apakah investasi yang dimaksud menguntungkan, atau merugikan dengan kata lain terdapat unsur penipuan. Tidak masalah jika dalam mengumpulkan informasi Anda membutuhkan waktu yang lama, itu harus dilakukan agar uang yang Anda miliki benar-benar dipergunakan secara aman di tempat lain.

Saat Anda memang sudah yakin dengan kebenaran terhadap penawaran investasi sebaiknya tidak menggunakan semua uang yang dimilikinya untuk dimasukkan disana. Anggap saja Anda adalah seorang pemain baru yang masih begitu awam tentang dunia investasi maka resiko mengalami kerugian sangat besar. Berinvestasilah dalam jumlah nominal uang kecil untuk mengetahui hasilnya di kemudian hari. Pantau terus investasi Anda secara rutin agar bisa mengantisipasi jika ada sesuatu yang tidak berjalan secara semestinya. Sebagai investor Anda berhak mengajukan pertanyaan, keluhan, bahkan tindakan-tindakan menyangkut hukum jika terindikasi investasi tersebut tidak sehat. Andaikata permasalahannya tidak terselesaikan dengan baik dan menimbulkan kerugian sebaiknya ambil uang Anda dan pindahkan ke tempat lain sebelum semakin banyak dana yang hilang disana.

Satu hal yang perlu diingat dalam berinvestasi yaitu jangan gunakan semua kekayaan Anda dalam satu tempat. Kembangkanlah uang yang Anda miliki di banyak tempat agar jika salah satu mengalami kerugian bahkan kehilangan modal maka ditempat lain masih ada cadangan dana baik modal maupun penghasilan. Sekali lagi jangan mudah tergiur dengan penawaran yang memberikan keuntungan besar yang diluar logika karena bisa beresiko menjadi korban penipuan investasi.