Gratis Newsletter Kami  
PermataBank.NET Review
 

Apakah Pembelian Mobil Baru Termasuk Dalam Investasi Keuangan?

investasi mobilMembeli mobil baru adalah hal yang besar dan mungkin pembelian terbesar yang Anda lakukan disamping membeli sebuah rumah. Banyak orang menganggap bahwa membeli mobil merupakan sebuah investasi dikarenakan harga beli yang tinggi. Ketika melakukan investas,i Anda melakukannya dengan asumsi bahwa Anda akan menerima pengembalian atas uang yang Anda habiskan untuk berinvestasi. Investasi rumah memberikan nilai dari waktu ke waktu, saham membayar dividen serta menghargai nilai. Hal-hal ini yang disebut investasi karena mereka menghasilkan uang untuk Anda dari waktu ke waktu. Mereka membantu untuk meningkatkan kekayaan Anda. Menyadari hal ini dapat membantu Anda memilih antara membeli mobil baru atau bekas.

Mobil Anda dapat dianggap aset karena Anda bisa menjualnya dengan sejumlah besar uang. Hal ini dapat membantu dalam situasi keuangan darurat dan dapat membantu Anda untuk keluar dari jerat hutang. Tapi mobil Anda bukanlah aset. Harga mobil terdepresiasi dari waktu ke waktu. Bahkan pada tahun pertama, harga mobil akan terdepresiasi minimal sebesar Rp.20 Juta. Penurunan rata-rata harga mobil adalah sekitar Rp.30 Juta. Selama lima tahun pertama kepemilikan, harga  mobil baru akan terdepresiasi di antara Rp.80 Juta s/d Rp.120 Juta. Uang ini tidak dapat dikembalikan.

Cukup penting untuk menyadari ketika Anda melakukan pembelian mobil, Anda mengerti bahwa pembelian ini bukanlah sebuah investasi. Disamping faktor harga yang cukup tinggi dan Anda akan kerap melakukan pembelian mobil sepanjang hidup. Anda harus hati-hati meneliti semua pilihan yang ada dan Anda mungkin ingin melihat seberapa baik model mobil Anda dan dapat dijual kembali, tetapi penting untuk menyadari bahwa Anda tidak akan memulihkan semua uang yang Anda bayarkan pada pembelian. Karena ini adalah pembelian yang besar, Anda harus hati-hati mempertimbangkan semua pilihan Anda. Anda tidak kehilangan uang terlampau banyak jika Anda membeli mobil bekas.

Selain itu penting untuk memastikan bahwa nilai dari semua mobil Anda kurang dari setengah dari total pendapatan tahunan. Anda dapat membeli sebuah yang bagus untuk membuat kesan baik tanpa membuat diri Anda bangkrut dalam upaya pembelian mobil. Jika Anda merasa bahwa Anda membutuhkan sebuah mobil mewah, tanyakan pada diri sendiri mengapa, lihat gaji tahunan Anda dan kemudian analisa kemampuan finansial. Seringkali Anda tidak benar-benar membutuhkan sebuah mobil dalam menjalankan usaha saat ini.