Properti di Pontianak

5 Macam Asuransi Yang Perlu Diketahui

AsuransiJika mendengar kata ASURANSI sekarang ini saya yakin anda sudah sering, bahkan mungkin sangat biasa dan umum. Beda dengan 20-30 tahun lalu asuransi merupakan sesuatu yang belum familiar dan hanya dikenal di kalangan orang-orang tertentu saja. Ada banyak macam asuransi saat ini yang dikenal diantaranya adalah asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi kendaraan, asuransi pendidikan, asuransi rumah, dan masih banyak lagi.
Untuk di Indonesia yang familiar produk asuransi adalah yang saya sebut diatas tersebut. Baiklah, mari kita mengenal masing-masing dari produk asuransi.

Asuransi Jiwa: Nah ini yang paling banyak dikenal orang, asuransi ini sifatnya memberikan jaminan atau perlindungan secara finansial untuk perorangan. Sangat bijaksana untuk memilih jenis asuransi ini bagi anda sendiri, orangtua, istri/suami, anak-anak, bahkan orang lain yang anda kasihi. Kita memang tidak menginginkan kejadian buruk seperti kematian atau kecelakaan, tetapi akan lebih bijak kalau jauh-jauh hari sudah mengantisipasi hal itu. Terutama tentang masalah keuangan, musibah tidak mengenal apakah pada saat itu kita mempunyai cukup uang atau tidak. Oleh karena itu sisihkan pendapatan anda untuk memiliki asuransi jiwa, agar kelak tidak menyusahkan orang lain andaikata terjadi sesuatu hal yang buruk menimpa kita.

Asuransi KesehatanAsuransi Kesehatan: Mahalnya biaya pengobatan medis sekarang ini membuat jenis asuransi ini menjadi primadona bagi banyak kalangan. Ketersediaan dana pada saat kita mengalami sakit yang cukup serius adalah suatu hal yang mutlak (ini fakta lho bukan mengada-ada). Biaya rumah sakit seperti rawat inap, pengobatan, dan layanan-layanan medis lain “biasanya” menggerus kekayaan seseorang. Oleh karena itu asuransi kesehatan sudah perlu untuk dimiliki setiap orang selain produk asuransi jiwa. Dengan jaminan keuangan yang mencukupi untuk kesehatan atau biaya pengobatan akan membuat kita merasa aman jika suatu saat kita mengalami masalah dengan kesehatan.

Asuransi Kendaraan: Beberapa negara maju sudah menerapkan kewajiban untuk mengasuransikan kendaraan bermotor yang dimiliki. Asuransi jenis kendaraan sangat berguna jika kendaraan yang dimiliki mengalami kecelakaan. Biaya yang dikeluarkan untuk memperbaiki kerusakan-kerusakan yang diakibatkan kecelakaan sangat bervariasi. Apalagi jika kendaraan itu menjadi alat utama untuk menunjang aktifitas dalam keseharian, maka dibutuhkan keuangan yang mencukupi untuk membiayai perbaikan dan penggantian komponen-komponen pada kendaraan baik sebagian atau secara keseluruhan.

Asuransi Pendidikan: Pendidikan merupakan hal yang mutlak diberikan dan tentu saja ada biaya yang menyertainya hehehehe…
Dari tahun ke tahun biaya pendidikan semakin mahal, jika kondisi keuangan tidak stabil atau kurang akan menjadikan beban tersendiri bagi kita. Sebagai orangtua pasti mempunyai keinginan untuk dapat menyekolahkan anak-anak dari jejanjang SD, SMP, SMA/Kejuruan, sampai Perguruan Tinggi. Semakin tinggi jejanjang pendidikan yang harus dijalani, semakin tinggi pula biaya yang harus dikeluarkan. Lebih bijaksana untuk masalah biaya pendidikan sudah diantisipasi sejak awal, salah satunya dengan memiliki asuransi pendidikan.

Asuransi Properti atau Rumah: Rumah merupakan properti yang mutlak dimiliki oleh setiap orang. Memiliki rumah juga tidak bisa lepas dari yang namanya kerusakan. Kerusakan yang mempunyai potensi kerugian seperti kebakaran, perusakan, pencurian, baik pada bangunan maupun isi (perabotan dan lain-lain). Pembangunan ulang atau renovasi yang diakibatkan seperti disebut sebelumnya tentu saja memerlukan biaya yang besar. Ketidaksiapan anggaran untuk itu bisa sangat merepotkan, maka diperlukan sebuah jaminan yang kuat secara finansial jika suatu saat tertimpa musibah. Saat ini ada banyak macam tentang asuransi rumah atau properti yang bisa dipilih, mulai dari fisik bangunan sampai keseluruhan mencakup isi dari rumah itu sendiri.

Sekarang tinggal anda sendiri yang menentukan mana yang tepat untuk memilih asuransi sebagai jaminan keamanan dan kenyamanan dilihat dari sudut finansial. Selain itu perlu cermat dalam memilih produk-produk asuransi yang ditawarkan, soalnya jika asal ambil asuransi bukan jaminan yang didapat malah masalah yang menimpa anda. Asuransi selain sebagai jaminan hidup juga bisa menjadi alat motivasi untuk bekerja lebih giat untuk mendapatkan hasil lebih, karena anda diharuskan membayar polis asuransi secara teratur.

(www.permatabank.net)

Comments are closed.