Properti di Pontianak

5 Dasar Manajemen Waktu Bagi Pengusaha

5 Dasar Manajemen Waktu Untuk PengusahaAnda pasti sudah banyak mengenal orang-orang sukses dalam bisnis mereka. Sebenarnya tidak ada konsep rahasia dalam meraih sukses karena pada dasarnya sama semua. Yang membedakan adalah dalam menjalani segala proses itu sehingga bisa mendapatkan kesuksesan terutama dalam bisnis. Proses itu bisa masuk dalam suatu kebiasaan yang selalu konsisten dilakukan dalam kurun waktu yang lama. Jatuh dalam situasi yang sulit pada setiap apa yang mereka lakukan menjadi suatu motivasi untuk segera bangkit dengan mempelajari setiap kesalahan yang telah dilakukan. Berikut ini adalah proses dasar dalam usaha untuk meraih sukses dengan meningkatkan efektifitas waktu yang dimiliki masing-masing individu.

Kontrol Waktu
Segala aktifitas dalam hidup umumnya bergantung pada waktu sehingga diperlukan pengawasan yang terus menerus agar bisa mengidentifikasi setiap aktifitas yang dilakukan. Hal itu bisa memberikan keuntungan tersendiri bagi kehidupan seseorang agar bisa mengelola dan memanfaatkan waktu dengan efektif dan maksimal.
Bekerja, bermain, istirahat, bersenang-senang, keluarga, teman, saudara, kerabat, dan lain sebagainya merupakan kegiatan yang harus punya manajemen waktu.

Membuat Jadwal
Setiap aktifitas yang akan dilakukan sebisa mungkin dibuat dalam suatu perencanaan yang baik. Membiasakan diri dengan membuat jadwal yang terencana akan menciptakan hidup yang lebih baik. Kadang ada orang mengatakan hidup dengan aturan ketat akan membuat orang tertekan, tapi bagi saya hal itu tergantung dari masing-masing individu dalam pelaksanaannya. Jadwal hanyalah sebagai konsep dalam usaha mengatur waktu pada setiap kegiatan yang akan dilakukan kedepan. Namun semuanya tergantung situasi dan kondisi yang berlaku pada waktu itu. Lebih tepatnya bersifat fleksibel namun bertanggungjawab untuk memaksimalkan perilaku disiplin terhadap diri sendiri.

Mengantisipasi Gangguan
Gangguan dalam hidup bentuknya bermacam-macam dengan disadari maupun tidak. Seperti halnya bermain game, jika melakukannya tidak wajar maka bisa termasuk “pengganggu” utama. Itu akan membuat aktifitas lainnya ikut terganggu dan akhirnya memunculkan masalah. Hindarkan melakukan segala sesuatunya dengan berlebihan atau waktu yang harusnya dipergunakan untuk hal lain malah “dikorupsi”.

Membangun Inspirasi
Memanfaatkan berbagai hal untuk mendapatkan inspirasi agar memperoleh hidup yang lebih baik sangat diperlukan. Setiap tempat bisa menjadi sumber inspirasi seperti tempat kerja, kamar mandi, warung makan, halte bis, sekolah, dan masih banyak lagi. Ide yang bisa bermunculan setiap waktu beberapa diantaranya merupakan peluang yang menguntungkan.

Cerdas Melihat Peluang
Peluang itu ibarat tambang emas yang harus dijalankan dan digali lebih dalam agar bisa memperoleh keuntungan. Kejelian sangat dibutuhkan dalam usaha untuk mendapatkan peluang yang bisa membuat kehidupannya menjadi lebih baik dan berarti. Kompetisi dalam dunia bisnis membuat setiap pelaku bisnis harus selalu mencari berbagai kesempatan agar bisa mempertahankan serta mengembangkan hidupnya. Oleh akrena itu semakin cepat mengeksekusi suatu peluang akan berpotensi mendapatkan cita-cita yang diimpikan.

Perlu dipahami bahwa ringkasan proses dasar orang-orang yang telah meraih sukses tidak semudah teori. Setiap tindakan bisa menimbulkan konsekuensi positif atau negatif pada hidup individu pelaku bisnis itu sendiri. Bahkan ada orang yang mengatakan bahwa sukses itu berdasarkan garis tangan atau takdir. Benar atau tidaknya semuanya kembali kepada masing-masing orang yang menjalaninya.

Comments are closed.