Gratis Newsletter Kami  
PermataBank.NET Review
 

4 Cara Membiayai Bisnis

4 Cara Membiayai BisnisSudah menjadi hal yang wajar jika seseorang ingin menjalankan bisnis pasti memerlukan modal. Jumlah modal yang diperlukan sangat bervariasi tergantung dari jenis usahanya. Kondisi keuangan dari masing-masing individu pelaku bisnis juga berbeda-beda, sangat sedikit yang memulai bisnis dengan modal pribadi dan sebagian besar dari pendanaan lain. Keadaan kurang maupun tidak ada modal untuk menjalankan bisnis menjadi kendala bagi hampir sebagian besar calon wirausahawan. Oleh karena itu tulisan kali ini akan membahas beberapa sumber pendanaan bisnis.

Investor Perorangan
Sumber pembiayaan ketika akan memulai bisnis adalah berdasarkan sistem kekerabatan atau pertemanan. Anda mungkin pernah melakukan cara ini saat mendapatkan peluang bisnis yang harus secepatnya dijalankan. Jumlah pinjaman yang bisa diperoleh sangat bervariasi tergantung dari kondisi keuangan maupun tingkat kepercayaan kerabat atau teman. Strategi perlu diterapkan dalam usaha mencari sumber dana agar kebutuhan bisnisnya bisa terpenuhi. Penawaran kerjasama dalam format lisan maupun tulisan menjadi awal pembuka yang harus dilakukan agar mereka yang jadi target sebagai investor bisa mengerti dan memahami ide bisnis anda. Paparan secara detail juga menjadi “amunisi” tambahan guna mendapatkan kepercayaan. Waktu yang diperlukan tergantung kepiawaian anda dalam meyakinkan kerabat atau teman bahwa bisnis yang akan dijalankan itu memiliki proyeksi kedepan yang menguntungkan.

Walaupun upaya mendapatkan modal dengan target perorangan terlihat mudah namun perlu dimengerti bahwa terkadang kenyataannya tidak selalu seperti itu. Anggap saja satu dengan yang lainnya sudah saling mengenal tetapi dalam hal uang khususnya bisnis emuanya bisa berbanding terbalik. Untuk menghindarkan kejadian yang tidak diinginkan ketika menjalin kerjasama bisnis perlu ada dasar hukum kuat dan legal yang menguntungkan kedua belah pihak.

Investor Kelompok
Ada beberapa organisasi swadaya masyarakat, pemerintah, maupun swasta yang mempunyai program pembiayaan untuk sektor industri kerakyatan seperti sekotr usaha kecil dan menengah. Program dari mereka bisa anda manfaatkan untuk mendapatkan modal awal maupun pengembangan untuk bisnis yang tidak terlalu besar. Kriteria dari masing-masing organisasi pemberi dana usaha bagi masyarakat ini bermacam-macam, oleh karena itu pelajari dan pahami dengan baik apakah akan memberatkan dalam pengembalian uang pinjaman modal itu atau tidak. Kadang-kadang ada yang memberikan tanpa bunga dengan jangka waktu lebih lama dibandingkan  jika pinjam di bank.

Pinjaman Bank
Anda pasti sudah tidak asing dengan pinjaman bank, ada banyak keperluan yang bisa menjadi alasan untuk mengajukan pinjaman di bank p emerintah maupun swasta. Salah satunya adalah untuk modal usaha dan pengembangan bisnis yang sudah berjalan. Persyaratan untuk mengajukan pinjaman atau kredit umumnya sama saja namun yang membedakan adalah tingkat suku bunga dan rentang waktu yang diwajibkan dalam membayar cicilannya itu.

Selain itu seperti proposal yang isinya tentang detail bisnis itu sendiri menjadi pertimbangan pihak bank dalam mengambil keputusan pemberian serta jumlah pinjaman yang akan diberikan kepada pemohon. Jika anda memiliki rekam sejarah baik dalam urusan dengan berbagai pihak bank maka peluang besar untuk mendapatkan pinjaman sesuai kebutuhan. Sedangkan kalau pernah bermasalah dengan salah satu bank maka itu menjadi penghalang besar karena anda dianggap sebagai orang yang beresiko tinggi. Oleh karena itu pada setiap berhubungan dengan lembaga keuangan seperti khususnya soal pinjaman harus disiplin dan bertanggungjawab, agar rekam data anda mempunyai nilai positif dan bisa dipercaya bank.

Kartu Kredit
Cara terakhir adalah alternatif bagi sebagian orang yang memiliki kartu kredit tetapi terkendala modal untuk membiayai bisnisnya. Jumlah dana harus disesuaikan dengan plafon kartu kredit yang dimiliki, selain itu juga cara ini adalah solusi jangka pendek. Pinjaman cepat dengan tempo pendek sebelum jatuh tempo pembayaran adalah trik yang bisa dimanfaatkan. Jangan gunakan kartu kredit anda jika estimasi pengembalian lebih dari waktu jatuh tempo karena akan dibebani bunga kartu kredit yang lumayan memusingkan anda. Secara sederhana kartu kredit sebagai sumber pembiayaan bisnis darurat dengan proses cepat dan mengembalikannya pun harus sesuai rencana alias disiplin dan bertanggungjawab.

4 Cara mendapatkan sumber pendanaan untuk bisnis diatas itu sebagai dasar upaya untuk memenuhi kebutuhan. Sebenarnya masih ada banyak cara lainnya namun pinjaman perorangan, kelompok, bank, dan kartu kredit sudah bisa mewakili. Ada satu hal yang perlu diingat adalah jadikan hutang itu motivasi untuk menggerakan bisnis yang dijalani sehingga bisa berkembang dan akhirnya meraih kesuksesan seperti yang di cita-citakan.

Related

Comments are closed.